Pages

19 July 2006

Live Reporting (It was)

Links to this post
Are we shakin or just me.... ??
And I think now is time to move my a**
from here..... !!.

Adiós Amigos
Yiii....haaa.....

Jakarta, Nyi Ageng Serang Building, 7th floor.

10 June 2006

Front Liner

Links to this post
Dalam rangka menyelesaikan skripsi yang tertunda, hari Sabtu dan Ahad pekan lalu gw mencoba menyebarkan kuesioner yang ditujukan kepada konsumen (orang yang udah pernah beli seenggaknya satu kali) sayuran organik segar, di sebuah pasar swalayan yang memposisikan diri sebagai penjual buah modern, yang terletak di salah satu ujung
Jakarta. Seiring dengan permintaan pelanggan dan pengembangan usahanya swalayan ini tidak hanya melulu menjual buah segar, akan tetapi juga menjual berbagai jenis makanan dan minuman baik yang segar maupun olahan dengan tetap mempertahankan buah segar sebagai produk utamanya.

Berhubung perusahaan tempat gw penelitian ini memproduksi, memasarkan serta menjadi supplier sayuran organik segar di swalayan tersebut maka gw pikir menyebarkan kuesioner di sana akan menjadi sangat potensial coz order dari swalayan tersebut relatif besar dibanding yang lain. Tapi ingat nggak ada sesuatu yang gratis di dunia ini, selain gw harus menempuh puluhan kilo, duit bensin yg harus dianggarkan dari dana penelitian yg terkumpul dengan susah payah, blom lagi pake acara ditilang pak pol di Sabtu malam ku sendiri wau…wau…wau… (kayaknya ini bakal jadi blog sendiri :p), dan yg paling mahal adalah gw didaulat pula menjadi SPB (sales promotion boy) sayuran organik bermodalkan sebuah pin di dada kiri dan tampang sekedarnya (pinnya juga gw bikin sendiri dengan mengorbankan pin sebuah ritual tahunan di kampus he..he.. sorry ya almamater ku) huaa....ha...ha... Sebenernya ada untungnya juga buat gw, selain bisa jadi bahan cerita buat anak-cucu (kek..kek...) gw juga bisa melakukan semacam under cover-lah gitu :D.

Kenapa bisa dibilang under cover coz seperti yg udah gw bilang sebelumnya sasaran kuesioner gw ini harus orang yang seenggaknya udah pernah beli sayuran organik dari perusahaan tempat gw penelitian sebelumnya (ngarti nggak, jadi tar jangan ada yg nanya' emangnya gw dah pernah penelitian di berapa perusahaan ?...ambigu nih). Maka dari itu setiap ada orang yg celingak-celinguk di depan rak sayuran organik gw sapa deh "Heh sapa lu ?" nggak gitu ding :p. Ternyata soal sapa-menyapa ini buakan suatu hal mudah, terutama untuk gw he..he..., setelah gw perhatikan pegawai disana ada beberapa cara antara lain.

  1. Tanya cari apa (so'-so' menawarkan bantuan).

  2. Kalo dia keliatan nggak bawa keranjang or troli dan tangannya penuh barang lo tawarin keranjang (dengan catatan lo siapin beberapa keranjang di sekitar lo).

  3. Eee..mmmm nggak ada lagi, itu dua doang yg gw tau kalo ada tambahan tolong kasih tau gw ye :D


Nah setelah itu kan ada respon tuh dari orang tersebut, secara garis besar respon positif or penolakan, kalo nolak mending lo mundur aja (ngapain emang gw co apaan :* muah =)), tapi kalo positif gw lanjutin, "Sebelumnya pernah beli produk sayuran organik kami Bu'/Pak" (kalo di Jak-Bar seperti swalayan kemaren itu lo juga bisa pake sapaan Ci/Koh he..he... yu-(you) no-(know) la-(lah) cingcai-cingcai :). Nah kalo jawabannya blom, gw kasi brosur, tapi kalo jawabannya udah gw bisa menunjukan jadi diri gw sebenarnya sambil merobek polo shirt (nggak sebegitunya sih), cuma membalik idcard mahasiswa yg sengaja gw gantung ngadep kedalem sebelumnya. Nah abis itu barudeh "Saya , 'nama_resmi_gw', mahasiswa,'tempat_gw_menjadi_malfunction_student_selama_ini', sedang melakukan penelitian tentang sayuran organik, apakah Bapak/Ibu bersedia mengisi kuesioner....dst".

Dari berpuluh-puluh ribu (yg ini agak hiperbola) orang yang udah pernah membeli sayuran organik sebelumnya dalam dua hari tersebut ternyata kuesioner yang berhasih gw dulang cuma sekitar 5% bahkan kurang hu..hu... Hari kedua gw pulang dengan hati gundah-gulana untung ngak kena tilang lagi, kalo masih di tilang mungkin gw jadi headline "Lampu Merah" Senen paginya hua..ha..... Dua hari berikunya gw putuskan untuk menyepi sejengak sambil menghilangkan pilek setengah hidung karena dua hari kurang-lebih enam jam per hari gw chilin di depan chiler yg bersuhu 13,8 °C dengan catatan hari kedua telat makan malem, srup-srup he..eeh.

Setelah gw pikir" ternyata cara menyebar kuesionernya yg harus disesuaikan dengan perilaku konsumen di swalayan itu. Orang yang belanja itu mulai rame jam 6 sore keatas dan biasanya gw nongkrong dari jam 3 siang, trus kalo gw peratiin apa yg mo dibeli sama mereka dah terencana, jadi pengunjung itu bawaanya buru" aja, dan kalo gw peratiin lagi pengunjug di swalayan itu paling lama cuma antara 10-15 menit sedangkan kuesioner gw butuh waktu 5-7 menit pantesan (setiap nawarin ngisi gw selalu bilang estimasi waktunya biar semuanya jelas) Oooo itu masalahnya (semantara ini yg bisa gw identifikasi) he..he..... sekarang gw dah dapet ide mudah-mudahan berhasil nanti kalo berhasil gw ceritain kalo enggak juga gw ceritain pekan depan gw mo jadi SPB lagi ah.

19 May 2006

Late Night Jazz (Bang Toyib loves Big Band too)

Links to this post
Now I'm listening Louis Armstrong and his big band on CNJ Radio. Several weeks ago my junior called me "Bang Toyib", WHAT DA HEAVEN, but that was ok to me and I understood what actually she mean.
Today I'm on intersection of my life, it's hard to decide which way to

go it's not about jiggy, status, or chick, I think it's all about vision. Is it important to tell them all about that ? don't think so. Maybe they think I'm silly or something, up to them coz I don't really care. And I'll always play ....

With Imagination (I'll Get There)
Harry Connick, Jr.

I've travelled many a mile
And I haven't found a home
I've travelled many a mile
And one seed's unsown
I'll travel another mile
'Til I finally find my own
With imagination
I'll get there

I started with a dream
But came to a decision
I started with a dream
But now I have a mission
I have a goal
To see beyond my vision
With imagination
I'll get there

I've got to be strong [Shannon]
TO CLIMB THE NEXT HILL
I've got to be strong [Russell]
MY FATE TO FULFILL
And from a strength [Leroy]
STRONGER THAN MY WILL
WITH IMAGINATION
I'LL GET THERE

In my father's house
No harsh words are spoken
In my father's house
No vows are broken
In a holy place
My sould like beams oaken
With imagination
I'll get there

When weary is your world
Go and spin another
When weary is your world
There's heaven to discover
Here on earth
We're sister and brother
With imagination
We'll get there

And if I stand alone
To my cause I'm loyal
If I stand alone
Either common or royal
I'm not afraid
To cross their sea of toil
With imagination
I'll get there

With imagination
I'll get there

With imagination
I'll get there

And last but least, if you know why to live you will live any how.

28 March 2006

Komat-kamit Komitmen

Links to this post
Sebuah obrolan ringan di suatu sore untuk mengusir kantuk dan jenuh antara seorang Senior-Citizen dengan Bujang-urban.

Senior Citizen : Hai Mon siapa pacarmu sekarang ?
Bujang-urban: Em...m tidak ada Pak.
S.C. : Kenapa bisa tidak ada ?
B.U.: Saya pikir punya pacar itu semacem ngenjalin ikatan semu, atau komitmen semu yang cuma buang-buang sumberdaya (dalam arti luas) karena nggak punya tujuan yang jelas. Apalagi saat ini masa depan saya juga belum jelas-jelas amat, itukan bakalan nyusahin aja, terutama pihak perempuannya.
S.C. : Kamu ini, namanya juga pacaran mana ada yang jelas, wong kadang-kadang orang nikah aja masih ada yang nggak jelas. Trus kamu juga jangan salah emangnya perempuan cuma bisa disakiti dia juga bisa nyakiti loh !!
B.U.: Oooo begitu ya ?!
Sebuah pencerahan di suatu sore yang cukup cerah bagi Bujang-urban, tetapi ia tetap pada pendiriannya untuk tidak menjalin sebuah komitmen semu. Ia hanya bercita-cita dalam beberapa tahun ke depan ketika semua dapat terlihat lebih jelas, ia dapat menyusun sebuah komitmen yang tidak sempurna di awalnya tetapi terus berproses menuju kesempurnaan seraya melengkapi dua elemen lainnya dengan tujuan yang jelas. Ketetapan hati ini diperkuat ketika beberapa waktu lalu ia menyadari bahwa cinta itu sebuah sistem, sistem itu menyeluruh, dan menyeluruh itu kompleks.

18 February 2006

Never Mind

Links to this post
I won't forget the taste of that mind.
Generate a unique aftertaste sensation.
Mix of bliss and pain.

Transmit sensitivity waves to my intelligent receiver.
Come together with noise of its silences.
Trigger confusion, curiosity, and madness some times.

Force me to getting deep and deeper.
Finally force me to swallow the conclusion of "realities".
Enough is enough !! I fed up with all of those "realities".

No choices, coz there's only one the real truth.
Maybe I’ll never find it.
But I’ll keep on tryin..tryin.. and tryin.

Let me stay hungry and stay foolish.
Till my time pick me up.

06 February 2006

Motives.

Links to this post
"Ini eskrim rasa no.1 ini eskrim rasa no.2 (sorry gw lupa nama rasanya he..), gw produsen eskrim Walls, hei anak" muda khususnya para ABG dari golongan keluarga ekonomi menengah atas (atau yg ingin dianggap begitu) yg karena dorongan lingkungan malu dapet gelar jomblo kalo mo punya ce or co --walaupun lo nggak secakep model-model iklan gw-- salah satu caranya lo bisa pake eskrim bikinan pabrik gw ini, lo kasiin deh ke
"demenan" lo itu, ok-ok lo punya duit berapa sekarang ?? he..he.. $-)"

Itu merupakan kutipan sebuah iklan eskrim yang udah gw modifikasi (bukan kutipan lagi dong he...he..). Namanya juga iklan kalo di-pikir" mungkin itu sebenernya kata yang pengen disampein sama si tukang eskrim yang aslinya tapi biar lebih sopan makanya dibikin lah iklan yg kita saksikan bersma sambil bermain-main dengan emosi penontonya. Eit tapi jangan salah sebenernya nggak cuma emosi, yg gw liat lebih kearah maen" sama insting penontonnya hii... . DASAR iklan !!. DASAR pemasaran !!. DASAR industri !!. DASAR kapitalisme !!. DASAR manusia !!. DASAR ketidakseimbangan (sebenernya bisa juga dipake kata "ketidakadilan" tapi nggak enak ah terlalu berbau politik he..he...) !!. DASAR politik !!. DASAR INTP !!

::: Jakarta, mendung, dalam bis kota bekas yg baru diimport, sekitar pukul 20.00-20.30 :::

The perfect stranger: Mau eskrim ?, ini saya punya dua.
Bujang Urban: Nggak, terima kasih.
The perfect strager: Kenapa ?
Bujang Urban: Sedang agak kurang sehat (sambil berkecamuk berbagi asumsi dan prasangka di pikirannya).

::: Hening sampai terminal berikut, dan kemudian mereka berdua terpisah guna melanjutkan perjalanan masing". :::

Gw pikir yang satu ini bukan iklan eskrim, jadi apa dong ? don't know. Tapi saran gw buat Bujang Urban keep positif thinking, but always alert Ok, agak lues sedikit lah sama orang yg belom lo kenal nggak usah pake intuisi lo terlalu banyak disini, dan jangan berpikir untuk jadi player jadi prayer aja cukup he..he...

Intense Debate Comments