Pages

07 September 2008

Plan B on Draft

Hem.. ya..ya..ya... pipe yahoo down untuk waktu yang lumayan lama dan itu berarti blogrollgator saya ikut ngadat juga, soalnya mesinnya ya pipe yahoo itu. Untungnya ketika saya menulist post ini sudah bisa lagi he..he.. biggrin. Sambil nungguin pipe yahoo iseng-iseng tadi siang saya bacain komik google chrome, bagus juga ya idenya bikin komik he..he... Komiknya itu bukan manual guide sih tapi lebih ke prensentasi konsep pengembangan google chrome. Mungkin berdasarkan mata awam saya, ide yang dikembangkan dalam google chrom itu hem...ya... "there is nothing new under the sun" [sotoy lo] (he..he..), akan tetapi saya suka dengan mind-set keseluruhannya saya pikir termasuk kategori progressive, serta menafikan pakem-pakem "browser yang semestinya".

Dan yang terpenting dari komik tersebut saya jadi paham maksud "Jendela penyamaran" he..he... Pada intinya sih jendala penyamaran akan mempermudah keisengan saya dalam berselancar mengarungi dunia maya (jadi nggak usah pake dua browser lagi he..he..ninja).

The Plan B

Kembali ke yahoo pipe yang down. Sebenarnya ketika petama kali muncul ide untuk membuat blogrollgator yang ada di benak saya memang bukan yahoo pipe sebagai engine-nya melainkan google reader. Tak lama kemudian langsung saya coba deh google reader untuk merakit blogrollgator, akan tetapi hasilnya tidak memuaskan saya yang banyak maunya ini sweat. Singkat cerita akhrinya saya menemukan yahoo pipe dan secara autodidak mempelajari cara penggunaanya dan saya pun jatuh cinta he..he.. tongue. Cinta itu bukan tanpa alasan, alasan-alasan tersebut antara lain adalah.
  • Dengan yahoo pipe saya dipaksa belajar lagi.
  • Dengan yahoo pipe saya mendapatkan kebebasan lebih menentukan apa yang saya mau yah tapi sepanjang yahoo pipenya bisa he..he..
  • Dengan yahoo pipe saya ditantang untuk mengoptimasi mesin tersebut sehingga lebih efisien.
  • Dengan yahoo pipe saya dapat mengekspresikan keisengan dan keusilan saya dengan lebih leluasa he..he..evil
Maka dari itu yahoo pipe saya jadikan mesin utama sedangkan google reader saya jadikan mesin cadangan ketika mesin utama down dan terkapar.

The Draft

Nah sebelum baca komik google chrome itu tadi sebenarnya saya menyempatkan diri untuk melakukan blog walking menggunakan google blog search. Entah apa kata kuncinya tadi (maaf dah rada pikun sweat) saya berlabuh di sebuah blog, seingat saya blog itu menggunakan Blogger (service)/ Blogspot sebagai enginenya. Setelah beberapa saat pelanga-pelongo, liat-liat pemandangan sekitar saya agak tersentak dan sedikit dibuat takjub melihat kolom komentar yang berada di halaman yang sama dan terlihat natural serta menyatu dengan halaman tersebut tanpa ada kesan implant silicon commenting system dari penyedia pihak ketiga. Tidak seperti biasanya saya pun bertanya kepada si empunya blog melalui southbox yang tersedia tentang kolom komentar tersebut [emang biasanya gimana mon?] (biasanya seh langsung gw korek-korek aja tuh halaman bis itu steal the code he..he.. evil).

Yah tapi tidak dapat saya pungkiri, karena enggan menunggu si empunya blog akan menjawab pertanyaan saya tanpa pikir panjang saya langsung korek-korek aja tuh halaman dan steal the code ninja he..he.. Selidik punya selidik, ternyata komentar tersebut berasal dari blogger (service)/ blogspot langsung dan bukan dari penyedian commenting system pihak ketiga. Untuk mengaktifkannya pengguna blogger (service)/ blogspot harus masuk ke dashboard draft. Blogger Draft adalah Blogger (service)/ blogspot yang menyediakan wahana-wahana yang masih dalam masa uji coba dan evaluasi (beta version). Tanpa menunggu lebih lama saya langsung saja mencoba commenting system baru tersebut seperti di bawah ini he..he.. Ayo cobain dong tongue.

Dasar laki-laki iseng he..he..(baca lebih lanjut...)

12 comments:

  1. gilaaaaaa....
    ini template dah banyak diotak-atik jadi pas baru coba tadi nggak langsung keluar neh form komentar jadi di akal-akalin lagi dulu dah

    dah lama gw nggak melototin code kayak barusan yah piuh....

    jadi tetep commenting system make dua blogger punya, sama intensedebate punya

    blogger untuk post ringan-ringan
    intensedebate untuk post yang berpotensei memancing kerusuhan >:)

    ReplyDelete
  2. GILA KEREN BANGET DAHHHH..........
    Salut saya pada anda, Bung Temon!!!

    *lempar duit segepok*

    ReplyDelete
  3. tapi sebenernya sudah banyak bloger Blogspot lain khususnya di belahan dunia Jawa Timur alias Surabaya yang pake teknologi komen ini ... udah lama tuh gw nemunya..

    *ngerusak mood Temon*

    ReplyDelete
  4. ah enggak ah biasa aja :|, maklum kagak moodyan

    berhubung tanah suci sayah bukan di surabaya jadi motong jalur distribusi ajah gitu seperti biasa, langsung ke sumbernya harga bersaing loh he..he..

    *paling dituduh plintir kata-kata lage* =))

    lah duinya koq duit monopoli ??

    ReplyDelete
  5. maak....

    indah kali blogmu ini...

    maulah aku...
    berapa sekilonya?

    ReplyDelete
  6. mon... respon pembacanya masih harus dibenerin tuh...

    masa gue bisa klik semuanya...
    huakakakakakak

    ReplyDelete
  7. jualnya literan jeng bukan di kiloin :)

    oo kalo gitu mah bukan respon pembacanya yang musti di benerin lo yang perlu di serpis hua..a.a.a.a.a. :))

    ReplyDelete
  8. aduh sebenernya lagi-lagi gw nggak ngerti bahasann ini, bukan dunia gw...


    yahhh gw ikut bahagia ajalah mang temonnn....


    ikut-ikutan nonadita:
    lempar duit tapi make gaplok....


    heheheheheh. peace bro...

    ReplyDelete
  9. aduh !!
    *kena gaplok neng angga*

    ah sayah mah diapain aja sama neng angga dah pasrah :">

    ReplyDelete
  10. aku pikir Yahoo Pipe itu tukang ledeng.. :D

    ReplyDelete
  11. Ini comment bukannya bawaan blogspot versi draft,perlu gitu utak-atik template??
    ;-)

    ReplyDelete
  12. Aiyahhh judul postingnya atuh,kan comment gw yg di atas jadi aneh..on atw and ??
    =-=-=
    *puas misah-misuh di blog orang*
    *ngacir sebelum ditimpuk*

    ReplyDelete

Intense Debate Comments