Pages

11 June 2008

You read this... COMMENT!! (mandatory)

Sebelumnya saya mohon maaf sebesar-besarnya bila judul post kali ini agak mengusik kenyamanan para pembaca sekalian he..he...sweat. Pada kesempatan kali ini saya hanya ingin membahas sedikit romantika perkomentaran dalam blogosphere baik dari sisi sosial maupun teknis (yang pasti menurut versi saya gitu evileyebrows).

Comment and Policy
Okay kita langsung mulai saja. Blog tanpa komentar seperti sayur asem kurang goyang, kalo kata Inul Daratista. Keunggulan blog bila dibandingkan publikasi bentuk lainnya memang terletak dari sisi interaksi yang intens antara si penulis dengan pembacanya. Intraksi tersebut tercipta dengan tersedianya fasilitas komentar untuk suatu tulisan yang dapat diisi oleh para pembacanya. Akan tentapi tidak setiap pembaca dapat berkomtar begitu saja, hal ini sangat dipengaruhi oleh kebijakan yang ditetapkan oleh si empunya blog. Kebijakan komentar dengan moderasi diterapkan pada umumnya oleh si empunya blog yang cenderung jaim dan berselera tinggi, munkin juga termasuk seleb sehingga banyak orang yang nyampah sekalian numpang tenar. Sedangkan kebijakan komentar tanpa moderasi diterapkan pada umumnya oleh si empunya blog yang cenderung nggak punya image (karena tergolong kepada blog gurem), sehingga biasanya sudah sangat bersukur sekali bila ada satu dua komentar saja yang nyangsrang walaupun itu spam sekalipun (curhat colongan biggrin).

Comment and Moral Support
Entah ya pada orang lain, saya sendiri akan sangat senang sekali bila ada orang yang berkomentar pada salah satu post di blog ini, baik itu nyambung atau tidak dengan tulisan di atasnyatongue. Teatapi saya akan sangat bahagia bila komentar tersebut merupakan feedback dari tulisang di atasnya sehingga dapat tercipta sebuah diskusi yang membangun ataupun perluasan wawasan, sudut pandang dan berbagai hal positif lainnya. Akan tetapi saya menulis blog bukan karena komentar, ada-tidak adanya komentar atau bahkan ada-tidak adanya yang membaca (selain saya sendiri) saya juga akan tetap menulis saja pirate [dasar pirate !]. Dengan kata lain, yah sayah menyerahkan kepada masing-masing Anda apakah ingin berkomentar atau tidak itu semua hak prerogatif Anda he..he.. *melikir tajam ke arah para ninja* ninja.

Convenient on Commenting
Tidak dapat dipungkiri tingkat kemudahan dalam memberikan komentar berbanding lurus dengan tingkat komentar pada sebuah post (walau ada pula berbagai faktor lain yang mempengaruhi ex. user name dan foto diri yang Anda pajang evil). Semakin mudah proses memasukan komentar maka semakin tinggi pula kemungkinan sebuah post akan dikomentari. Blogger tempat blog saya bersemayam ini sangat terkenal sekali akan ketidakmudahan prosesnya dalam memberi komentar, hanya orang-orang yang berkeinginan keras saja yang mampu bertahan sehingga komentarnya berhasil di publish [lebay]biggrin. Dengan demikian tadi pagi ketiga sedang mencari ilham browsing-browsing tak tentu arah saya menemukan sebuah layanan komentar yang cukup mencuri hati ini. Layanan komentar yang dapat memudahkan para pembaca dalam memberikan komentar pada post di blog ini. Layanan tersebut disediakan oleh Intense Debate dan post kali ini perupakan uji coba dari fasilitas tersebut.

Nah dengan demikian sudi kiranya para pembaca setia untuk mencoba mengomentari post ini ataupun fasilitas komentar baru tersebut he...he....


Dasar banci komen (baca lebih lanjut...)

Intense Debate Comments