Pages

31 March 2007

Search mp3 and "UNDUH !!"

Duh lagi stuck nih he..he... ok kalo gitu gw bagi-bagi pengalaman aja ya. Jadi gini kemaren gw dah mencoba berbagai jurus yg udah gw kuasain untuk nyari sebuah file mp3 dengan ciri khusus, nah masalahnya cirinya ini rada-rada ambigu, susah deh [nggak cape?](cape juga sih) cape deh. Setelah berdiskusi dengan seorang teman akhirnya gw menemukan jurus baru (walaupun bukan hasil diskusi itu tadi he..he...).

Pernah denger multiply gw baru bikin account satu bulan yg lalu dong :D [halah ini ni salah satu living specimen of orang katro](biarin). Walaupun dah bikin account satu bulan lalu tapi baru kemaren ini gw confirm email yg gw pake buat daftar. [Confirm email what for ?] untuk mastiin email buat daftar itu emang email yg daftarin jadi nggak spamming jatohnya si multiply. Biasanya si multiply ngirim link unik ke email yg bersangkutan jadi mau-ngak mau si pendaftar harus bisa login untuk cek email tsb. Setelah konfirm baru deh aktif accout gw.

Ok kembali ke topik utama, ternyata eh ternyata di multyply itu banyak sekale mp3 maur bececeran nggak karu-karuan [duh bahasanya tanjung barat sekali]. Untuk dapat mengunduh salah satu mp3 itu ada dua syarat utama
  1. Lo harus dah ngaktifin account lo (seperti yg udah dijelaskan).

  2. Lo harus tau lokasi mp3-nya lah [sopasti].

Nah point ke-dua itulah yg menjadi inti dari segala inti post kali ini.

Pas gw selesai ngaktifin account langsung deh gw cari file mp3 yg dimaksud. Waktu itu menu pencarian (link-nya ada di kanan atas waktu lo di situs multiply and udah login, gambar kaca pembesar) ada pilihan mo cari apa video, musik, jurnal or apa lagi gitu gw lupa [koq bisa lupa?] nah itu dia masalahnya karena sekarang dah nggak ada lagi menunya (nahlo-nahlo). Ternyata saat ini untuk pencarian konten si multiply dah mendelegasikannya pada Om Google. Maka dari itu untuk memfilter pencarian kita, sedikit pengetahuan sintak google akan sangat membantu.

Ok langsung [eh..eh.. tunggu" sintak apan asin dijitak ?] emm.. pendeknya kata-kata manis yg ditujukan untuk mesin google biar dia nurut (untuk lebih jelasnya silakan lihat disini).
Udah ? langsung ya. Sintak pertama dan terakhir yaitu {site:} "es-i-te-e-titik dua" nggak pake kurung kurawal. Maksud dari sintak ini adalah google akan mencari kata kunci yg kita berikan anya pada sebuah situs (termasuk sub-subnya) yg kita telah tentukan saja. Untuk kasus ini situsnya yaitu multiply dengan sub... let say music jadi ngetiknya {site:.multiply.com/music}, [kenapa garis miring music?], ya seperti yg udah disebut sebelumnya biar nyarinya di daerah musik aja, jadi ketika kata yang kita cari disebut-sebut dalam juarnal or video nggak ikut jadi hasil pencarian, [O.., gito ?]

Untuk kata kunci seperti biasa ketik kata-kata yg paling bekaitan dengan hasil yang kita harapkan, let say gw pengen cari ceramahnya Aa Gym yang bisa diunduh jadi ngetik di googlenya adalah {ceramah aa gym download site:.multiply.com/music/} nggak pake kurung kurawal [lah koq download bukannya dari tadi unduh?] he..he.. unduh blom populer :p.

PS: Karena pendelegasian tugas pencarian ini belum lama terjadi, bila Anda mencari sesuatu dengan metode tersebut di atas akan tetapi tidak membuahkan hasil, ada dua kemungkinan penyebabnya. Pertama, susuatu yg Anda cari memang tidak ada, kedua situs yg berisikan kata kunci dimaksud belum ter"garuk" oleh robot-nya Om google (crawler robot), jalan keluarnya adalah bergrilya mencari sendiri menggunakan jurus lain atau yah bersabar saja ;).

--update--

Pendelegasian tugas pencarian konten multiply kepada google ternyata tidak diperpanjang, dan alhasil pencarian kontent kembali seperti sedia kala [nggak guna dong post lo ini?](huu....uuu...:"< )

No comments:

Post a Comment

Intense Debate Comments