Pages

28 February 2007

Brilliant, but Dirty and Sneaky Congame.

Woi kemana nih koq nggak ada lagi jangan" gw ketipu [ngomong apa lo?]. He..he.. sorry, ok coba gw jelasin ye, jadi gini semua bermula sekitar satu pekan lalu .....

Back Sound:dring..dring..ding..ding;
Gambar: agak foggy memberi kesan mengingat-ingat;

a...aah capek bikin sekenario mending nulis biasa aje ye. Kayaknya sih hari selasa juga minggu lalu gw kebangun sekitar pukul 02.45 am, biasa panggilan alam. Abis itu iseng" nyalain TV sekitar pukul 03.05 am did some channel hoppin sampai akhirnya gw liat semacam serial TV di Global, dari logatnya kanyaknya England punya. Absolutely clueless, waktu terus berjalan gw terus tonton, dengan diselingi iklan program" Global sendiri yg kayaknya dah lebih akur sama MTV (you know that's far away from prime time) dan sekitar 3/4 jalan cerita gw baru bisa nyimpulin that's a congame TV series.


Hari berikutnya gw coba spekulasi, mungkin ada lagi ternyata benar ada lagi dan terus berlanjut sampai hari Jumat. Akhirnya gw bisa liat intronya, ternyata serial ini berjudul "Hustle" cukup representatif lah ya. Mulai pukul 03.00 am, selama kurang lebih satu jam [heleh bukannya tahajud minta selamat dunia wal akhera](kan abis itu bisa)[sumpe lo?]. Kenapa gw bela"in pagi" buta, hampir tiap hari nonton Hustle, alasan yg paing utama adalah its unpredictable story. Mirip" mission imposible bekerja dalam tim and setiap mulai ada semacam briefing kecil, kayak detektif Conan juga kita diajak mikir, tapi beda. Dalam hustle sutradara memposisikan penonton seakan-akan sebagai salah satu korbannya juga dalam penipuan yang dilakukan, that's so interesting you know. Di awal cerita penonton seolah-olah dikasih tau strategi penipuannya, padahal nggak semua. Sekitar 1/12 jalan cerita [aneh banget pecahannya?](lima menit sebelum abis maksudnye) baru deh penonton dikasih tau strategi keseluruhannya.

Dalam hal pengemasan cerita gw pikir cukup apik dan agak nyeleneh. Pernah tiba" waktu playing the con to the mark [ngomong apa lagi lo?](he.. itu conman's jargons, mo tau lebih banyak liat aja situs Hustle) ada semacem fitur time freezing or semacem "Pause" jadi mereka bisa diskusi sebentar untuk menyamakan persepsi abis itu dilanjutin lagi. Trus kadang" pemainnya itu menghadap kamera dan melakukan monolog yg ditujuan kepada penonton [katrok juga dong he..he..]. Dalam serial ini, walaupun nggak disebutkan secara eksplisit dan dijelaskan secara detail, lo bisa liat berbagai real life conning activities, seperti phising, carding, speed people reading, scaming, spoofing dan berbagai social enginering lainnya [widih serem amat], selain itu kemampuan dasar semacem nyopet, duplikat kunci dll juga nggak kalah penting. Mungkin karena hal-hal tersebut itu lah yang menyebabkan penayanganya jauh dari prime time.

Ada beberapa congame story yg gw tau, salah satu yg gw suka itu Ocean Eleven tapi Ocean Twelfth is sucks terlalu mengada-ada. Swordfish cuma nimbulin salah persepsi tentang hacker aja. Ada satu kemaren gw tonton di TV judulnya "Matchstick Men" yg main Nicolas Cage bagus juga tuh salah satu contoh conman tobat. [Hoi lo hobi nonton begituan, mojadi penepu?] sabar jangan su'ujon gitu dong gini" gw juga masih menjunjung tinggi yg namanya moral walau masih trus dalam perbaikan. Lo juga bisa tarik banyak pelajaran dari cerita" congame tersebut, di dunia nyata nggak semua orang itu baik lo harus hati" terutama buat yg mo terjun di dunia bisnis you always have to whach your back my man.



A Conman prospers only because of the fundamental dishonesty of his Victim. The main principle of conning being that you can't cheat an honest man.

3 comments:

  1. gue juga doyan sama matchstick man. akhir ceritanya shocking banget. gak heran kalo si Cage tobat.

    ReplyDelete
  2. gue mpe beli cd matchstickmen. emang keren banget. bener kata mayang, endingnya bener2 cerdas. btw, hustle dulu sempet di prime time koq. sekitar jam setengah sembilan. hari selasa. lo sih mon, kebanyakan nonton sinetron, jadi gak tau kalo ada serial keren.

    ocean twelve emang najis banget. gue agak pesimis sama yang ke tiga belas. since thirteen means bad luck? :P

    ReplyDelete
  3. he..he.. out of date lagi gw, iya nih biasanya jam segitu gw nonton orang yg lagi nontong sinetron :D
    Ooo... berarti global nge-rerun cuma biar nggak jamuran aja kale ye ?

    ReplyDelete

Intense Debate Comments